MAKALAH TENTANG CORELDRAW
Guru Pembimbing : M.Sholikin
Oleh :
1. Muhammad Iqbal Nur Ababil (26)XI TKR4
2. M.Saiful Anwar (27)XI TKR4
3. M. YanFa’unasa (28)XI TKR4
4. Nunik Anggraini (29)XI TKR4
5. Nizam Abdul Aziz (30)XI TKR4
6. M.Iqbal Fata
(31)XI
TKR4
SMK TUNAS HARAPAN PATI
TAHUN
2013/2014
KATA PENGANTAR
Alhamdullilah,
puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat,
karunia, serta kasih sayang terbesar-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah dengan judul ”Makalah tentang
CorelDraw’’.
Makalah ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas mata pelajaran KKPI. Selain
itu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi kami dalam
menyusun karya tulis.
Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan dalam
penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik
dari pembaca sekalian demi memperbaiki makalah ini dalam penulisan lain
di kemudian hari.
Dan semoga makalah ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.
Sekian dan
terimakasih.
Pati,10 Maret 2013
Tim Penyusun
Daftar Isi
Kata Pengantar.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
Daftar Isi . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
Bab1 Pendahuluan
A.
Latar belakang . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .iii
B.
Rumusan Masalah . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .iii
C.
Tujuan Penulisan . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .iii
D.
Manfaat Penulisan . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .iv
E.
Sistem Penulisan . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .iv
Bab 2 Pembahasan
A.
Softwere . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
B.
Desain Grafis . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .2
C.
Coreldraw . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
D.
Lembar Kerja Coreldraw . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .4
Bab 3 Penutup
A.
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .v
B.
Saran . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .v
Daftar Pustaka .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vi
BAB 1
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG MASALAH
Pada era
globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi berkembang sangat
pesat dan membantu manusia berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh
jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi mencakup berbagai
aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan
penting dalam membantu setiap kebutuhan manusia salah satunya yaitu
komputer.
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
Membantu setiap pekerjaan manusia, menjadi tempat ketergantungan hampir semua
manusia didunia. Komputer mempunyai beberapa perangkat yaitu perangkat keras
atau hardware, perangkat lunak atau software dan brainware.
Nama lain
software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat
lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras,
perangkat keras adalah nyata yang dapat dilihat dan disentuh oleh
manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan disentuh secara fisik,
software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa
dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi
menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan
sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa
program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk mejalankan perintah yang
dijalankannya inilah fungsi dari perangkat lunak atau software. Diperangkat ini
terdapat program aplikasi grafis berbasis vektor yaitu CorelDraw.
Software
CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat garis-garis vector, contohnya logo.
Dengan kelengkapan tools dari software ini, juga controlnya pun lebih nyaman,
mendesain logo vector menjadi lebih mudah. Begitu pesat berkembangnya teknologi
komputer, yang terutama pada perangkat lunak, mau tidak mau kita juga harus
mengikuti perkembangannya.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa itu
perangkat lunak atau SoftWare ?
2.
Apa itu Desain grafis?
3.
Apa itu coreldraw ?
4.
Bagaimana lembar kerja pada corelDraw ?
C.
TUJUAN PENULISAN
1.
Supaya pembaca mengerti apa itu coreldraw.
2.
Agar pembaca dapat mengetahui tentang lembar kerja pada coreldraw.
D. MANFAAT PENULISAN
1. Agar kita lebih mengetahui tentang
Desain Grafis.
2. Memahami lebih lanjut tentang
CorelDraw.
E. SISTEM PENULISAN
Sistematika yang
digunakan untuk makalah ini mengacu pada standar umum penulisan makalah. Dengan
sistematika sebagai berikut:
1. BAB I
BAB I meliputi
latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat penulisan dan sistematika
penulisan.
2. BAB II
BAB II berisi
tentang pembahasan
3. BAB III
BAB IV merupakan
penutup yang berisi simpulan dan saran.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. SOFTWARE (Perangkat lunak)
Software
komputer adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak
inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
a. Karakteristik perangkat lunak :
1) Perangkat Lunak merupakan suatu
produk, sekaligus sarana untuk membangun suatu produk. Perangkat Lunak dibangun
dan dikembangkan (engineered, not manufactures). Berbeda dengan
perangkat keras (hardware), Perangkat lunak dibuat dengan suatu
perancangan yang kemudian setelah jadi dapat dikembangkan lebih lanjut. Biaya
untuk Perangkat Lunak dikonsentrasikan pada pengembangan.
2) Perangkat Lunak tidak pernah usang (wear
out) namun memburuk (deteriorate). Perangkat Lunak tidak pernah
usang karena adanya perawatan memungkinkan pengembangan Perangkat Lunak untuk
menyesuaikan dengan kebutuhan baru. Namun sekali Perangkat lunak rusak, maka tidak dapat diganti
dengan Perangkat lunak lain, namun harus dilakukan pembuatan ulang karena tidak
ada suku cadang dalam Perangkat Lunak(berbeda dengan hardware).
3) Sampai saat ini kebanyakan Perangkat
masih dibuat menurut pesanan (custom built).
B. DESAIN GRAFIS
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi
simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain
komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain
grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang
dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Jadi
dapat dikatakan program pengolah desain grafis adalah program yang mengolah
suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
seefektif mungkin.
Dalam
dunia desain grafis, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
1. Desain grafis berbasis
vektor
Grafis jenis vektor yang
merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak
tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan
vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun
dilakukan pembesaran (zooming). Penggunaan titik-titik koordinat dan
rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti
lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian
grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian
prosessor akan memakan banyak memori. Program aplikasi grafis yang berbasis
vektor antara lain : CorelDraw, Macromedia Free hand, Adobe Illustrator
dan Micrografx Designer.
2. Desain grafis berbasis bitmap
Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point koordinat.
Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin
tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis,
tetapi kapasitas filenya semakin besar. Ketajaman warna dan detail gambar pada
tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang
membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan
VGA ( Video Graphic Adapter ) yang digunakan. Jika gambar
tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang berresolusi
rendah akan mengakibatkan gambar terlihat kasar , bahkan terlihat kabur
berbentuk kotak-kotak ( juggy ) jika dilakukan pembesaran
gambar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot
per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. Untuk lebih
memahami grafis jenis bitmap . Beberapa grafis bitmap dapat Anda temui di file
komputer, yakni file komputer yang berekstensi : .bmp, .jpg, .tif, .gif, dan
.pcx. Grafis ini biasa digunakan untuk kepentingan foto-foto digital. Program
aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain : Adobe Photoshop, Corel
Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Semua program
tersebut menawarkan kemudahan dan kelengkapan fiturnya.
C. COREL DRAW
1. Pengertian dan Sejarah
CorelDraw
Corel Draw merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis
vektor yang memungkinkan seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai
dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau
kompleks dengan pemrosesan visual.
CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini
dapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan
Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan.
Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir ntuk Linux
terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di atas
platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang
digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk
menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel. Pada 1987, Corel merekrut
beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software
grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing
Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali
diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada
akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat utk
Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya
TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang
mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti
Adobe TypeWriter. Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada
CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan
kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis,
bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang
ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna
bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta
Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme. Meskipun
mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman
pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
2. Mengenal Area Kerja
CorelDraw
CorelDraw menyediakan tool dan efek yang membuat kita dapat
bekerja efisien untuk menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Dari
beberapa versi perkembangan CorelDraw, yang saat ini cukup baik untuk kita
gunakan adalah CorelDraw versi X3(13). Versi yang paling tinggi membutuhkan
performa komputer (spesifikasi prosesor ,RAM, dan memori grafis ) yang tinggi
pula. Untuk penggunaan standar ( Latihan untuk membuat karya grafis sederhana
), versi yang lebih lama (versi 10, 11, atau 12) pun sebenarnya cukup baik
untuk digunakan.
a. Mengaktifkan CorelDraw
1. Klik tombol start
2. Klik All Start
3. Pilih CorelDraw Graphics
suite X3
4. Klik CorelDraw X3,akan
tampil gambar corelDraw
5. Lembar
kerja CorelDraw
D. BAGIAN-BAGIAN LEMBAR KERJA COREL DRAW
1. Titlebar
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan, maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan seterusnya.
2. Menubar
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan.
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas, sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan.
Yang ada di dalam menu bar adalah :
1) Menu File.
Berikut beberapa submenu pada Menu File yang umum
digunakan.
New untuk membuat gambar atau desain baru dari layout kosong (blank).
- New Form Template untuk membuat gambar atau desain baru dari file template (desain yang sudah terbentuk sebelumnya,*. cdt).
New untuk membuat gambar atau desain baru dari layout kosong (blank).
- New Form Template untuk membuat gambar atau desain baru dari file template (desain yang sudah terbentuk sebelumnya,*. cdt).
- Open untuk membuka file *.cdr.
- Close untuk menutup lembar kerja yang aktif.
- Close All untuk menutup lembar kerja keseluruhan.
- Save untuk menyimpan file atau
lembar hasil kerja.
- Save As untuk menyimpan file dengan
nama baru, biasa digunakan untuk file yang sudah tersimpan
kemudian disimpan kembali dengan nama lain.
- Acquire Image untuk mengambil gambar dari scanner.
- Import untuk mengambil gambar, foto atau teks
dari file lain baik file CDR, BMP, TXT,TIF
ataupun JPG.
- Export untuk menyimpan dokumen dalam format file lain.
- Print Merge untuk mencetak dengan menggabungkan
pada file txt.
- Print Setup untuk menentukan jenis printer yang
dipakai, ukuran kertas serta set warna ataumonochrome.
- Publish to The Web, Document Info.
- Exit untuk keluar program CorelDRAW.
2) Menu Edit.
Berikut beberapa submenu pada Menu Edit yang umum
digunakan.
- Undo untuk membatalkan satu atau dua perintah sebelumnya dalam pengeditan.
- Redo untuk mengembalikan perintah yang sudah dibatalkan oleh perintah undo.
- Repeat untuk mengulangi langkah terakhir yang dilakukan dalam pengeditan.
- Cut untuk menghapus objek dan menyimpannya di memori sehingga dapat ditampilkan kembali dengan perintah paste.
- Undo untuk membatalkan satu atau dua perintah sebelumnya dalam pengeditan.
- Redo untuk mengembalikan perintah yang sudah dibatalkan oleh perintah undo.
- Repeat untuk mengulangi langkah terakhir yang dilakukan dalam pengeditan.
- Cut untuk menghapus objek dan menyimpannya di memori sehingga dapat ditampilkan kembali dengan perintah paste.
- Copy untuk menyalin objek dan tersimpan di memori.
- Paste untuk mengaktifkan atau menampilkan objek-objek
yang ada di memori (objek yang di-cut atau di-copy).
- Paste Special untuk mengaktifkan objek dari
hasil cut atau copy dari program lain
disertai dengan alternatif lain.
- Duplicate untuk membuat duplikat atau salinan objek
saat itu juga.
- Clear untuk menghapus objek.
- Select All untuk memilih semua hasil editan.
- Find and Replace untuk mencari dan mengganti nama
kata.
- Insert New Object untuk membuat objek dari program
lain dan kembali ke CorelDRAW dengan membawa objek.
3) Menu View.
Berikut beberapa submenu pada Menu View yang umum
digunakan.
- Wireframe untuk menampilkan objek hanya outline tanpa menampilkan warna garis, isi, dan efek berfungsi mempercepat pengeditan pada layar.
- Wireframe untuk menampilkan objek hanya outline tanpa menampilkan warna garis, isi, dan efek berfungsi mempercepat pengeditan pada layar.
- Full Screen Preview untuk menampilkan objek satu
layar penuh
- Rulers untuk menampilkan penggaris di atas dan di
samping jendela aplikasi.
- Grid untuk menampilkan titik-titik bantu pada layar aplikasi.
- Grid untuk menampilkan titik-titik bantu pada layar aplikasi.
- Guidelines untuk memunculkan garis bantu.
- Show untuk menampilkan hasil edit.
- Snap to Grid untuk mengubah atau memindahkan
berdasarkan grid.
- Snap to Guidelines untuk memindahkan atau mengubah
objek dengan merapat guidelines (garis bantu).
- Grid and Ruler Setup untuk menentukan satuan skala
baik inci, milimeter atau pixel
- Guidelines Setup untuk menentukan posisi guide pada layout.
- Dynamic Guides Setup untuk menyediakan ketentuan
dalam membuat garis bantu dinamis.
4) Menu Layout.
Berikut beberapa submenu pada Menu Layout yang
umum digunakan:
- Insert Page untuk menyisipkan atau menambahkan halaman.
- Insert Page untuk menyisipkan atau menambahkan halaman.
- Delete Page untuk menghapus halaman.
- Rename Page untuk mengganti nama.
- Go To Page untuk memilih halaman yang akan
diedit.
- Page Setup merupakan ketentuan dalam ukuran
halaman.
- Page Background untuk memasukkan latar belakang
warna atau objek gambar pada halaman.
5) Menu Arrange.
Berikut beberapa submenu pada Menu Arrange yang
umum digunakan.
- Transformations untuk membuat efek tranform.
- Transformations untuk membuat efek tranform.
- Align and Distribute menentukan satu objek pada
posisi kiri, kanan, tengah bawah atau atas dari objek lain.
- Order untuk menentukan objek depan atau belakang dari
objek lainnya.
- Group untuk menghimpun dua atau lebih objek dan
menguncinya.
- Ungroup untuk melepas kunci dari himpunan objek yang
telah di-group.
- Ungroup All untuk melepas kunci dari himpunan objek secara keseluruhan.
- Combine untuk menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek yang berupa curve dan masih menampilkan objek-objek tersebut berpotongan.
- Break Apart untuk memisahkan objek yang sudah di combine.
- Ungroup All untuk melepas kunci dari himpunan objek secara keseluruhan.
- Combine untuk menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek yang berupa curve dan masih menampilkan objek-objek tersebut berpotongan.
- Break Apart untuk memisahkan objek yang sudah di combine.
- Lock Object untuk mengunci objek.
- Unlock Object untuk melepaskan kunci objek yang telah
di-lock.
- Shaping, Convert to Curves untuk membuat objek atau teks yang tersorot dijadikan objek lain berupacurve.
- Shaping, Convert to Curves untuk membuat objek atau teks yang tersorot dijadikan objek lain berupacurve.
6) Menu Effects.
Berikut beberapa submenu pada Menu Effects yang umum
digunakan.
- Transform untuk menampilkan jendela perintahperintah pindah (move), berputar (rotate), Strenght atau juga skew.
- Transform untuk menampilkan jendela perintahperintah pindah (move), berputar (rotate), Strenght atau juga skew.
- Correction untuk mengkoreksi hasil efek. –
Artistic Media untuk menampilkan jendela gambar dan tulisan artistik.
- Blend untuk menampilkan jendela menu efek blend.
- Contour untuk menampilkan jendela menu efek
contour.
- Envelope untuk menampilkan jendela menu efek
envelope.
- Extrude untuk menampilkan jendela menu efek
Extrude.
- Bevel untuk menampilkan jendela menu efek Bevel.
- Lens untuk menampilkan jendela menu efek lens.
- Add Perspective untuk menambah dan menampilkan
perspektif.
- PowerClip klip-klip efek dalam mengubah efek
yang sudah ada.
- Copy Effect untuk menyalin efek.
- Clone Effect untuk meng-clone (menggandakan)
dari objek lain yang sudah diberi efek.
7) Menu Bitmaps.
Berikut beberapa submenu pada Menu Bitmaps yang umum
digunakan.
- Convert to Bitmap untuk mengubah gambar menjadi bentuk bitmap.
- Auto Adjust, untuk mengatur channel warna dan kekontrasan gambar secara otomatis.
- Image Adjusment Lab untuk mengatur chanel warna dan kekontrasan gambar secara normal.
- Convert to Bitmap untuk mengubah gambar menjadi bentuk bitmap.
- Auto Adjust, untuk mengatur channel warna dan kekontrasan gambar secara otomatis.
- Image Adjusment Lab untuk mengatur chanel warna dan kekontrasan gambar secara normal.
- Edit Bitmap, untuk mengubah-ubah atau mengedit
gambar.
- Crop Bitmap untuk memotong gambar.
- Trace Bitmap untuk memilah-milah warna yang ada
pada gambar.
- Mode untuk menentukan warna pada gambar.
- Bitmap Color Mask untuk mengkombinasikan warna
pada gambar bitmap.
- 3D Effects untuk mengatur efek 3 dimensi gambar.
- Art Strokes untuk membuat gambar tampak hasil
goresan.
- Blur untuk mengatur tingkat kekaburan gambar.
- Camera untuk mengatur efek fokus gambar.
- Color Transform untuk mengatur pengubahan warna
gambar.
- Contour untuk untuk membuat garis-garis pinggir objek
pada gambar.
- Sharpen untuk mengatur keragaman gambar.
8) Menu Text.
Berikut beberapa submenu pada Menu Text yang umum digunakan.
- Character Formatting menu-menu text berupa jenis
huruf, spasi, style, dan lain-lain.
- Paragraph Formatting menu-menu paragraf, seperti spasi baris, jarak paragraf, bullet, dan numbering.
- Paragraph Formatting menu-menu paragraf, seperti spasi baris, jarak paragraf, bullet, dan numbering.
- Tabs menu tabulasi.
- Columns menu membuat kolom.
- Drop Cap untuk membuat huruf pada awal kalimat
menjadi besar (kapital).
- Edit Text untuk mengedits teks, menambahkan, menyisipkan, atau menghapus kata, atau juga huruf.
- Edit Text untuk mengedits teks, menambahkan, menyisipkan, atau menghapus kata, atau juga huruf.
- Insert Symbol Character untuk memasukkan simbol.
- Insert Formatting Code untuk menampilkan menu
kode.
- Fit Text to Path menu teks melengkung mengikuti
lingkaran atau garis yang telah dibuat.
- Align to Baseline untuk mengembalikan huruf pada
dasar baris huruf normal.
- Paragraph Text Frame penentuan kolom dalam sebuah frame teks.
- Paragraph Text Frame penentuan kolom dalam sebuah frame teks.
- Writing Tools untuk menampilkan tombol-tombol
teks.
- Change Case untuk menentukan perubahan tipe
huruf.
- Font List Options untuk menampilkan jenis-jenis
huruf yang tersedia pada program CorelDRAW maupun yang sudah di-install-kan.
9) Menu Tool.
Berikut beberapa submenu pada Menu Tool yang umum digunakan.
- Options, untuk mengatur fitur-fitur pada area kerja
dokumen dan pilihan bahasa pengantar.
- Customization, untuk mengatur toolbar-tool dan menu
lain yang ingin dimunculkan pada halaman menggambar CorelDRAW
- Color Management, untuk mengatur pilihan mode gambar
(CMYK atau RGB) pada objek hasil gambar.
- Save Settings As Default untuk mengatur pilihan
penyimpanan dokumen.
- Object Data Manager untuk memunculkan jendela
object data manager.
- View Manager untuk memunculkan jendela view
manager.
- Link Manager untuk mengatur link.
- Undo Docker untuk memperlihatkan langkah-langkah
yang dilakukan selam pengolahan gambar.
- Internet Bookmark Manager untuk memperhatikan
data hubungan ke internet.
- Color Style untuk memperlihatkan history
pewarnaan gambar.
- Palette Editor untuk menentukan komposisi warna
baru.
10) Menu Window.
Berikut beberapa submenu pada Menu Window yang umum
digunakan.
- New Window untuk memunculkan halaman menggambar yang besar.
- New Window untuk memunculkan halaman menggambar yang besar.
- Cascade untuk menampilkan beberapa halaman
menggambara secara teratur dari depan ke belakang.
- Tile Horizontally untuk menampilkan beberapa
halaman menggambar tersusun berjajar secara horizontal.
- Tile Vertically untuk menampilkan beberapa
halaman menggambar tersusun berjajar secara vertikal.
- Arrange Icons untuk menyusun ikon.
- Color Palettes untuk memunculkan pilihan palet
warna.
- Dockers untuk memunculkan docker pilihan
tertentu.
- Toolbars untuk memunculkan toolbar pada halaman
menggambar.
- Close untuk menutup halaman menggambar yang
sedang aktif.
- Close All untuk menutup semua halaman menggambar.
- Refresh Window untuk me-refresh windows.
11) Menu Help.
Berikut beberapa submenu pada Menu Help yang umum digunakan.
- Help Topics untuk memunculkan jendela bantuan
tentang topik-topik tertentu.
- CorelTUTOR, untuk memunculkan jendela panduan tentang
berkreasi menggunakan Corel.
- Hints, untuk menentukan jendela Hint.
- Insights from the Experts untuk memunculkan
jendela panduan tentang membuat suatu karya dari pakar Corel.
- Highlight What’s New untuk memerintahkan agar
fitur-fitur tombol baru dalam CorelDRAW di beri warna berbeda.
- Technical Support untuk menghubungkan CorelDRAW
ke provider service melalui internet.
- Working with Office, untuk memunculkan panduan tentang
menghubungkan CorelDRAW dengan Microsoft Office.
- Corel on the Web untuk menghubungkan CorelDRAW ke
internet.
- About CorelDRAW untuk memunculkan jendela lisensi CorelDRAW.
- About CorelDRAW untuk memunculkan jendela lisensi CorelDRAW.
3. TOOL BAR
Berisi jalan pintas
(shortcuts) yang menuju ke menu dan perintah
-perintah lainnya.
New
Digunakan untuk memulai gambar baru. Anda dapat menggunakan
menu File-new, menekan tombol Alt + F + N atau Ctrl + N.
Open
Digunakan untuk membuka file program Corel Draw yang pernah
Anda simpan. Anda dapat menggunakan menu File-Open, menekan tombol Alt + F + O
atau Ctrl + O.
Save
Digunakan untuk menyimpan gambar yang dibuat. Anda dapat
menjalankan perintah ini melalui menu File-Open, menekan tombol Alt + F + S
atau Ctrl + S. Objek gambar baru yang belum pernah disimpan dapat Anda simpan
dengan pilihan File-Save As.
Print
Digunakan untuk melakukan pencetakan pada hasil gambar. Anda
dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Alt + F + P atau Ctrl + P.
Cut
Digunakan untuk memotong objek yang dipilih ke dalam
clipboard. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Edit – Cut
atau dengan menekan tombol Ctrl + X.
Copy
Digunakan untuk meng-copy objek yang dipilih ke dalam
clipboard. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Edit –
Copy atau dengan menekan tombol Ctrl + C.
Paste
Digunakan untuk menempelkan kembali isi clipboard ke dalam
pembuatan gambar. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol
Edit – Paste atau dengan menekan tombol Ctrl + V.
Undo
Digunakan untuk membatalkan perintah terakhir yang pernah
dijalankan. Anda dapat menjalankan perintah ini dengan menekan Ctrl + Z.
Redo
Digunakan untuk mengulangi kembali perintah yang telah
dibatalkan. Anda dapat menjalankan perintah ini dengan menekan Ctrl + Shift +
Z.
Import
Digunakan untuk mengambil atau menempatkan objek gambar dari program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File – Import atau dengan menekan Ctrl + I.
Digunakan untuk mengambil atau menempatkan objek gambar dari program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File – Import atau dengan menekan Ctrl + I.
Export
Digunakan untuk mengekspor objek gambar dari
program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File –
Export atau dengan menekan Ctrl + E.
Aplications Launcher
Digunakan untuk membuka aplikasi lain yang dimiliki Corel.
Corel Online
Digunakan untuk mengakes website komunitas Corel Graphics.
Zoom Levels
Digunakan untuk mengatur besar kecilnya ukuran tampilan
lembar kerja.
4.Property Bar
Property Bar berhubungan dengan tool aktif yang sedang
digunakan. Berikut ini beberapa contah property bar yang sedang aktif pada saat
tersebut.
Property Bar Standar
Property Bar pada Tool Ellipse
Property Bar pada Tool Interactive Blend
5. Docker
Docker berfungsi untuk menampilkan beberapa tipe kontrol
sama seperti pada tombol ataupun Option.
6. Status Bar
Status Bar akan menampilkan informasi tentang objek yang
dipilih (seperti warna, tipe fill, garis tepi, posisi kursor dan perintah yang
berhubungan).
7. Color Palette
Color palete berisi berbagai kombinasi warna yang bisa
diaplikasikan pada objek yang Anda gambar.
8. ToolBox
Berisi berbagai macam
tool yang digunakan untuk membuat
berbagai macam objek gambar, member warna, ataupun melakukan
modifikasi-modifikasi terhadap objek dan gambar.
Untuk memilih objek, memindah objek, seperti menggeser dan
menghapus objek.
Shape
Untuk mengedit bentuk objek. Terdiri dari : Shape, Smudge
brush, Roughen Brush, dan Free Transform.
Digunakan untuk proses pemotongan suatu objek. Terdiri dari
tool Croping, Knife, Eraser, dan Virtual segmen delete.
Digunakan untuk merubah pembesaran suatu objek dalam ukuran
tertentu. Terdiri dari tool Zoom dan Hand.
Untuk membuat objek kurva. Terdiri dari Freehand, Bezier,
Artistic Media, Pen Polyline, 3 point cuve, Interactive connector dan
dimension.
Terdiri dari Smart Fill dan Smart Drawing.
Untuk membentuk objek yang terdiri dari tool Rectangle dan 3
point Rectangle.
Untuk membentuk objek Ellipse yang terdiri dari Tool Ellipse
dan 3 point Ellipse.
Untuk Membentuk objek. Terdiri dari tool Polygon, Star,
Complex Star, Graph Paper dan Spiral.
Untuk menggambar bentuk seperti panah dan lain-lain. Terdiri
dari Basic shapes, Arrow Shapes, Flowchart Shapes, Banner Shapes, dan Callout
Shapes.
Untuk memberi efek dan memodifikasi suatu objek agar lebih
interaktif. Terdiri dari tool Interactive Blend, Interactive Contour,
Interactive Distorsion, Interactive Drop Shadow, Interactive Envelope,
Interactive Extrude, dan Interactive Transparency.
Untuk memasukkan warna ke suatu objek. Terdiri dari tool
Eyedropper dan Paintbucket.
Untuk mengatur dan memodifikasi objek garis. Terdiri dari
tool Outline Pen dan Outline Colour, pilihan ketebalan Outline dan Color
Docker.
9. Ruler (Penggaris)
Penggaris sangat bermanfaat untuk membantu meletakkan
objek gambar pada suatu lokasi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Anda dapat
menampilkan atau menyembunyikan penggaris horizontal dan vertikal melalui
menu View > Ruler. Tanda centang pada submenu Rulers berarti
penggaris dalam posisi aktif/ditampilkan. Secara default, titik
(0,0) terletak di sudut kiri bawah lembar kerja.
Titik (0,0) pada Ruler
10. Tanda Navigasi (Page Navigator)
Fasilitas ini berfungsi untuk menambah, menghapus, mengganti
nama lembar kerja, juga untuk mengubah arah lembar kerja horizontal atau
vertikal.
Tanda Navigator
Tombol + di sebelah kiri dan kanan untuk menambah
lembar kerja di sebelah kiri atau kanan lembar kerja aktif. Tampilan nomor 1 of
1 menunjukkan Anda berada pada lembar kerja 1 dari satu lembar kerja yang ada.
Tombol panah kiri untuk menuju ke lembar kerja pertama, dan tombol panah kanan
untuk menuju lembar kerja terakhir. Jika Anda memiliki lebih dari dua lembar
maka akan tampilkan tombol panah kiri dan kanan seperti Gambar 1.18. Tanda
panah kiri digunakan untuk pindah ke halaman sebelumnya dan tanda panah kanan
digunakan untuk pindah ke halaman berikutnya. Selain cara itu, Anda dapat
menggunakan cara lainnya untuk menambah lembar kerja. Klik kanan pada salah
satu lembar kerja ataupage maka tampil perintah sebagai
pada Gambar 1.19. (1) Klik perintah Insert Page After untuk
menyisipkan lembar kerja baru di sebelah kanan lembar kerja yang aktif.
(2) Klik perintah Insert Page Before untuk
menyisipkan lembar kerja baru di sebelah kiri lembar kerja aktif.
(3) Klik perintah Delete Page untuk menghapus
lembar kerja.
(4) Klik perintah Switch Page Orientation untuk
mengganti arah lembar kerja (dari arah vertikal menjadi arah horizontal atau
sebaliknya).
(5) Klik perintah Rename Page jika Anda ingin mengganti
nama dari page atau halaman sehingga akan tampil kotak dialog Rename Page,
ketik nama pengganti, misalnya ”Belajar Desain Grafis”, kemudian klik
tombol OK sehingga page 1 menjadi Belajar Desain Grafis1.
a. Proses mengganti nama halaman
b. Nama halaman setelah diganti nama
11. Drawing Page
Wilayah kosong/lembar kerja berbentuk segi empat, di tengah-
tengah area putih, dimana gambar atau objek dapat kita
tempatkan di dalamnya.
12. Drawing Window
Merupakan area di luar Drawing Page, dibatasi
oleh scroll bars
dan kontrol aplikasi (application controls).
13. Control Page
Di pakai untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain.
14. Scroll Bar Horizontal
Digunakan untuk menggulung layar ke kanan atau ke kiri.
15. Scroll Bar Vertikal
Digunakan untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah.
b. Software atau perangkat lunak komputer
berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
1) Software berbayar merupakan perangkat lunak yang
didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan
atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak
yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya
tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin
ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft
windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
2) Freeware atau perangkat
lunak gratis adalah perangkat
lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda
dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka
waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para
pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk
disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap
ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol
terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai
program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh
utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga
didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
3) Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan
tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk
mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti
dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali
diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara
bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi
penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan
berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana
program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka
berasal.
BAB 3
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dalam kemajuan teknologi software yang
memiliki multi fungsi untuk semua bidang. Seperti sofware coreldraw yang memiliki banyak fungsi. Coreldraw
merupakan salah satu aplikasi software atau perangkat lunak editor grafik
vektor yang dibuat oleh Corel untuk membuat sebuah karya seni profesional,
mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang
rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
B.SARAN
Untuk membantu
kita dalam pembuatan grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian coreldraw,
banyak sekali manfaat yang diperoleh dari operasi perangkat lunak coreldraw.
DAFTAR PUSTAKA
Admin.2008. Pengertian
software (Perangkat Lunak) Komputer.(online), http://belajar-komputer-mu.com,
Sirodjuddin,Ardan.2008.Belajar
Coreldraw itu mudah.(online), http://ardan
sirudjuddin.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar